10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Contoh Pertanyaan Interview Alfamart

1. Apa Kesibukan Anda Sebelum Melamar Pekerjaan disini?

Kesibukan Saya akhir-akhir ini adalah pergi ke warnet dan mencoba mempelajari Ms. Excel dan menghafal rumus-rumus yang paling sering digunakan. Saya juga memiliki beberapa akun blog dan menulis artikel yang sedang ingin Saya bahas.

Tips menjawab: Pertanyaan ini bisa Anda isi dengan aktivitas sehari-hari ataupun hobi. Hal ini dapat terjadi karena Kebanyakan orang yang melamar pekerjaan di Alfamart adalah lulusan-lulusan baru SMA/Perguruan Tinggi. Yang mana belum memiliki cukup pengalaman kerja, Anda dapat menyesuaikan jawaban yang Anda berikan dengan aktivitas yang dijalani masing-masing

Baca juga: Contoh Pertanyaan Interview Astra Honda Motor

2. Apa Tujuan Anda Melamar Kerja di Alfamart?

Tujuan Saya bekerja di Alfamart adalah karena Saya tertarik dengan nama besar yang dimiliki perusahaan ini, dan Saya berharap bisa benar-benar ikut membantu dan berkontribusi untuk menjadi bagian dari perusahaan ini.

Tips Menjawab: Mayoritas orang akan menjawab untuk tujuan membantu orang tua. Itu tidak salah, tapi perusahaan pun tahu bahwa Anda bekerja untuk mencari uang. Jadi, coba katakan hal yang lebih perusahaan butuhkan yang bisa membangun loyalitas Anda kepada perusahaan.

3. Apa skill yang Anda miliki terkait pekerjaan yang tersedia di Alfamart?

Saya memiliki kemampuan mengangkat barang berat tanpa kesusahan, teliti, pandai menghitung cepat dan memiliki kemampuan bela diri karena saat sekolah dulu Saya mengikuti ekstra pencak silat. Saya mampu mengoperasikan komputer, dan memahami teknologi sekarang

Tips menjawab: Jawab dengan jujur, jangan melebih-lebihkan, jangan merendah, pokoknya katakan saja apa adanya. Jika sedang mempelajari sesuatu, katakan saja apa yang sedang Anda pelajari.

4. Apa Anda Siap Saya Tempatkan di Cabang Kota Manapun?

Ya, Saya siap ditempatkan di mana saja sesuai dengan keinginan perusahaan

Tips menjawab: Jangan sekali-kali Anda menolak atau mengungkapakan alasan seperti, Saya tidak memiliki kendaraan, Saya tidak bisa jauh dari orang tua, Saya tidak memiliki kost dan lain-lain. Bekerja di Alfamart berarti Anda harus siap ditempatkan di mana saja. Sekali saja Anda mengeluh, atau menolak, HRD akan ragu menerima Anda karena Anda tidak sesuai dengan pegawai yang mereka cari.

Baca juga: Contoh Pertanyaan interview Sosial Media Specialist

5. Apakah Anda Memiliki Rencana Melanjutkan Pendidikan dalam 1 Tahun ke Depan?

Ya, Saya akan melanjutkan pendidikan jika diperlukan perusahaan untuk jenjang karir Saya.

Tips menjawab: Pihak Alfmart akan mencaritau apakah kira-kira kalian akan melanjutkan jenjang pendidikan atau tidak. Hal ini tentu menjadi pertimbangan mereka mengingat juga banyak yang kadang hanya bekerja setahun untuk digunakan sebagai modal melanjutkan pendidikan. Pertanyaan ini cukup mengecoh, jadi hati-hati. Kalau kalian memiliki rencana kuliah, sebaiknya jangan diutarakan. Tapi katakan saja kalau jikapun Anda melanjutkan pendidikan kuliah, itu gunanya untuk perusahaan.

Bagikan Artikel: