10 Contoh Soal Psikotes + Jawaban Untuk Seleksi Kerja

Baca dan pelajari berbagai contoh soal psikotes yang biasa ditanyakan saat melamar pekerjaan 

Contoh Soal Psikotes Seleksi Kerja Lengkap Dengan Jawaban

Contoh Soal Psikotes Matematika

1. Seri: 2, 4, 8, 16, ... seri selanjutnya adalah...
Correct Answer: C
2. seri: 100-4-90-7-80 seri selanjutnya adalah…
Correct Answer: C
3. Seri: 10, 20, 30, 40, ... seri selanjutnya adalah...
Correct Answer: A
4. Seri: 50-40-31-24-18- seri selanjutnya adalah…
Correct Answer: B
5. Suatu seri: 2-1-2-1-3-3-3-4-4- seri selanjutnya adalah…
Correct Answer: C
6. Nilai 150% dari 2 ⅓ adalah …
Correct Answer: A
7. Jika 8x - 3 = 29, berapa nilai x?
Correct Answer: A
8. Jika 75% dari 8000 adalah ?, maka hasil perhitungan tersebut adalah…
Correct Answer: C
  • Lihat Soal Selengkapnya
  • Contoh Tes Psikotes Verbal

    Tes Persamaan Kata Atau Sinonim
    1. Innovatif = …
    Correct Answer: A
    2. Kompleks
    Correct Answer: C
    3. Fleksibel
    Correct Answer: B
    Tes Lawan Kata Atau Antonim
    1. Transparan
    Correct Answer: B
    2. Spontan
    Correct Answer: B
    3. Autentik
    Correct Answer: C
    Tes Analogi Kata
    1. Buku : Baca = Telepon : …
    Correct Answer: A, Sebab buku dikaitkan dengan aktivitas membaca, demikian pula telepon dengan aktivitas berbicara.
    2. Hujan : Banjir = Panas : …
    Correct Answer: C, Hujan berlebihan menyebabkan banjir, sama seperti panas berlebihan menyebabkan kemarau.
    3. Senyum : Bahagia = Air Mata : …
    Correct Answer: A, Sedih. Senyum biasanya muncul saat bahagia, dan air mata muncul saat sedih.
  • Lihat Soal Selengkapnya
  • Contoh Tes Logika Penalaran

    Tes Logika Umum
    1. Semua programmer mahir komputer. Tara tidak mahir komputer.
    Tes Logika Cerita
    1. Ada 6 peti bernomor 1 sampai 6. Buah apel, pisang, ceri, anggur, dan kiwi harus dimasukkan ke dalam peti dengan aturan:
    >Kiwi harus di peti nomor 5.
    >Ceri tidak boleh diletakkan tepat di sebelah pisang.
    >Anggur harus diletakkan di sebelah apel..
    Jika pisang di peti nomor 2, mana yang tidak boleh dilakukan?
    Correct Answer: C,
  • Lihat Soal Selengkapnya
  • Contoh Tes Psikotes Gambar Orang

    Contoh soal tes psikotes gambar Orang
    Dalam mengerjakan soal Psikotes Menggambar Orang,Anda dapat menggambar manusia dengan anggota tubuh lengkap dan komposisi wajah yang seimbang. Dalam tes ini, Penguji tidak akan menilai keindahan gambar yang Anda buat, melainkan hanya memperhatikan kelengkapan dan proporsionalitas dari gambar yang Anda buat.Karena tujuan dari Psikotes ini sendiri adalah untuk membaca kepribadian dan visi yang Anda miliki dimasa depan
  • Pelajari Selengkapnya
  • Contoh Tes Psikotes Gambar Pohon

    Contoh soal tes psikotes gambar Pohon
    Mengerjakan soal Psikotes Menggambar atau Tes Baum adalah salah satu cara untuk mengetahui kepribadian dan karakter Anda melalui gambar yang Anda buat. Salah satunya adalah dengan Psikotes menggambar Pohon.
    Sama seperti halnya dengan tes menggambar orang,Dalam tes menggambar pohon ini, Anda tidak dituntut untuk membuat gambar pohon yang cantik dan estetik. Melainkan Anda harus menggambar pohon tersebut dengan lengkap dan proporsional karena penilian dari tes ini terletak pada kelengkapan gambar, tekanan garis, kerapian, cara menggambar, dan sebagainya.
  • Pelajari Selengkapnya
  • Contoh Tes Pauli

    Contoh soal tes psikotes Pauli
    Mengerjakan soal Psikotes Pauli adalah tes Tes yang mengharuskan calon kandidat menyelesaikan beberapa masalah dalam batas waktu.
    Lembar kerja tes ini berupa lembaran kertas koran. Di dalamnya, terdapat kumpulan angka 0 sampai 9 yang tersusun secara vertikal berbentuk lajur. Dua angka yang berdekatan harus dijumlahkan dalam waktu tertentu dan hasil setiap penjumlahannya ditulis di antara kedua angka tersebut.
    Penjumlahan angka-angka ini dilakukan dari atas ke bawah dalam waktu 60 menit. Namun, pengawas akan memberi instruksi setiap 3 menit sekali. Pada saat itu, peserta harus memberi garis sebagai tanda pada batas terakhir hasil kerjanya. Setelahnya, peserta mulai lagi untuk mengerjakan penjumlahan pada lajur berikutnya.
  • Pelajari Selengkapnya
  • Contoh Tes Kraepelin

    Contoh soal tes psikotes Wartegg
    Tes Kraepelin adalah tes yang terdiri dari Tes dari 20 kolom yang berisi deretan angka dari 0 hingga 9. Peserta diberi waktu 20 menit untuk menyelesaikan seluruh tes, termasuk waktu untuk mengisi identitas dan menerima instruksi dari petugas serta contoh pengerjaan. Peserta harus mengerjakan tes ini dari bawah ke atas. Nantinya Setiap kolom yang terdiri dari dua angka yang harus dijumlahkan oleh peserta. Jumlah angka bawah dan atas harus ditulis di samping kanan antara dua angka yang dijumlahkan. Jika hasil penjumlahan dua angka melebihi 10, peserta hanya perlu menulis angka paling belakang dari hasil penjumlahan tersebut.Pengerjaan setiap kolom hanya diberi waktu 30 detik. Ini berarti peserta harus segera melanjutkan ke kolom berikutnya setelah 30 detik berlalu.
  • Pelajari Selengkapnya
  • Contoh Tes Warteg

    Contoh soal tes psikotes Wartegg
    Tes Wartegg adalah tes yang pada dasarnya memiliki konsep yang sama seperti kuis gambar. Kenapa Kuis Gambar? Karena di tes ini, Anda diminta mengisi 8 kotak kecil dengan sedikit sketsa atau coretan di dalamnya. Tugas Anda adalah melengkapi coretan tersebut menjadi gambar yang utuh. Cara Anda menggambar dan apa yang Anda gambar bisa mengungkap banyak hal tentang dirimu, seperti apa yang Anda rasakan atau bagaimana Anda berpikir.
  • Pelajari Selengkapnya
  • Contoh Tes Army Alpha

    1. Dari lingkaran pada gambar, perhatikan perintahnya baik baik:
    Contoh soal tes army alpha
    Buatlah sebuah silang dalam lingkaran ke 2 dan sebuah huruf dalam lingkaran ke-5. (Narator akan instruksikan mulai (10 detik pengerjaan), kemudian Narator instruksikan stop)
    2. Perhatikan nomor nomor yang terdapat pada soal dan dengarkan baik baik instruksinya:
    Contoh soal tes army alpha nomor 2
    Tariklah sebuah garis dari lingkaran ke-3 ke lingkaran ke-6, garis itu lewat di bawah lingkaran ke-4 dan diatas lingkaran ke-5. (Narator akan instruksikan mulai (10 detik pengerjaan), kemudian Narator instruksikan stop)
    3. Perhatikan soalnya baik baik dan dengarkan arahan narator:
    Contoh soal tes army alpha nomor 3
    Jika betul bahwa pesawat lebih cepat dari mobil, coretlah lingkaran ke-3. Jika tidak, silanglah perkataan tidak. (Narator akan instruksikan mulai (5 detik pengerjaan), kemudian Narator instruksikan stop)
  • Pelajari Selengkapnya
  • FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

    Apa Itu Psikotes?

    Surat lamaran kerja adalah dokumen yang dibuat secara tertulis dengan tujuan untuk mengajukan ataupun menawarkan diri untuk sebuah posisi yang tengah dibuka yang umumnya dikirimkan bersamaan dengan dokumen pendukung lainnya seperti CV, sertifikat ataupun penghargaan ke perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut.

    Surat lamaran kerja ini lah yang akan membuat  pencari kerja akan dengan mudah menunjukan rasa ketertarikan terhadap sebuah lowongan pekerjaan dan posisi yang akan dilamarnya.

    Selain itu, dengan surat lamaran kerja tersebut Anda juga dapat meyakinkan perekrut jika kamu memang kandidat yang sesuai dengan cocok untuk posisi tersebut.

    Tips Mengerjakan Psikotes

    Banyak individu mengalami ketidaknyamanan saat dihadapkan pada ujian psikotes. Bagaimana caranya untuk berhasil dalam mengatasi ujian psikotes yang menantang bagi calon pelamar? Dengan merangkum informasi dari Very Well Mind dan buku “Panduan Sukses Psikotes” yang ditulis oleh Enha Pujambi (tahun 2020: halaman 4), berikut adalah delapan saran yang dapat membantu Anda dalam menghadapi ujian psikotes:

    1. Pahami konsep tes psikologi dengan baik

    Jika Anda tidak familiar dengan tes psikologi, lakukan penelitian terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda lebih siap menghadapinya. Tes psikologi mencakup berbagai jenis tes, oleh karena itu penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang jenis-jenis tes ini.

    2. Lakukan banyak latihan soal psikotes setidaknya sebulan sebelum ujian. 

    Anda dapat menemukan banyak contoh pertanyaan di internet beserta pembahasannya. Secara umum, banyak pertanyaan jenis ini memiliki format yang serupa. Yang membedakannya hanyalah perbedaan dalam format dan pendekatan penyelesaiannya. Persiapan untuk ujian psikotes juga termasuk memahami berbagai jenis soal psikologi.

    3. Mempertahankan rasa percaya diri dan optimisme. 

    Ketika Anda telah mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk menjawab soal-soal tes psikologi, tingkat kepercayaan diri Anda akan membantu Anda dalam menyelesaikan tes tersebut. Keyakinan ini bisa memberikan sugesti positif dalam pikiran bawah sadar Anda. Ujian psikotes lebih mudah dihadapi jika Anda siap dan memiliki rasa percaya diri.

    4. Pertimbangkan untuk memeriksa soal-soal ujian sebelum mulai menjawabnya. 

    Ketika Anda mendapatkan soal ujian, jangan segera mulai menjawabnya. Sebelumnya, luangkan waktu sejenak untuk mengevaluasi jumlah pertanyaan yang diberikan dan jenis pertanyaan apa yang ada dalam tes tersebut. Hal ini dapat membantu Anda merencanakan waktu dengan lebih baik saat mengerjakan soal-soal.

    5. Kerjakan soal-soal ujian secara berurutan. 

    Biasanya, ujian akan memberikan batasan waktu yang berbeda-beda untuk setiap bagian, oleh karena itu penting untuk menjawab pertanyaan secepat mungkin agar Anda dapat menyelesaikan semua soal tepat waktu. Anda perlu mengatur waktu yang diperlukan untuk mengerjakan setiap pertanyaan, yang biasanya berkisar antara 30 hingga 60 detik untuk pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda, tergantung pada waktu yang diberikan dalam ujian.

    6. Jangan ragu untuk memberikan jawaban. 

    Ada rekomendasi untuk mulai mengerjakan pertanyaan yang dianggap mudah terlebih dahulu, baru kemudian menjawab soal-soal yang dianggap sulit saat waktu hampir habis. Meskipun ini bisa menjadi strategi yang berhasil bagi beberapa orang, namun beberapa peserta ujian lupa untuk kembali ke pertanyaan yang dilewatkan. Hal ini dapat menyebabkan pemborosan waktu saat mengisi jawaban karena harus mencari kembali pertanyaan yang belum dijawab.

    7. Manfaatkan proses eliminasi. 

    Biasanya, pertanyaan-pertanyaan awal dalam ujian lebih mudah, tetapi Anda tidak boleh terlalu percaya diri. Soal-soal yang lebih sulit mungkin akan muncul lebih lanjut dalam ujian, sehingga Anda harus siap untuk mengeliminasi jawaban yang salah. Jika Anda menghadapi pertanyaan yang Anda tidak yakin jawabannya, pertimbangkan untuk mencermati setiap pilihan jawaban dengan seksama. Jika jawaban tersebut terasa tidak masuk akal, lebih baik Anda sementara meninggalkannya dan kembali lagi nanti jika ada waktu.

    8. Jaga fokus dan konsentrasi selama ujian. 

    Konsentrasi dan fokus sangat penting saat menjalani ujian. Tingkat akurasi, ketenangan, dan konsentrasi akan membantu Anda dalam menyelesaikan ujian dengan baik. Tanpa ketiga elemen ini, hasil yang diharapkan mungkin tidak akan tercapai. Beberapa orang gagal dalam ujian ini karena kurangnya kesabaran untuk tetap fokus.

    Jenis Jenis Psikotes

    Ada beragam jenis psikotes yang tersedia, termasuk tes psikometrik dan tes bakat. Tes Psikotes dapat dilakukan secara konvensional atau melalui platform online, dengan setiap jenis uji memiliki strategi dan panduan unik dalam menjawabnya.

    Berikut beberapa ragam psikotes yang dikenal di Indonesia:

    1. Tes Kemampuan Berbahasa

    Tes ini mengukur kompetensi dalam berbahasa, termasuk kemampuan berbicara, kosakata, tata bahasa, dan pemahaman kalimat. Selain digunakan untuk seleksi karier, tes semacam ini juga digunakan dalam proses seleksi masuk ke universitas.

    Tes ini mengevaluasi persamaan kata (sinonim), lawan kata (antonim), analogi, dan konteks makna kata. Selain memahami arti kata-kata, tes ini juga mengukur kemampuan untuk menganalisis hubungan sebab-akibat.

    2. Tes Pauli

    Tes Pauli juga dikenal sebagai tes koran atau tes Kraepelin, adalah tes psikotes menghadirkan serangkaian angka dan pola yang harus dihitung, ditambah, dikurangi, dibagi, atau dikalikan. Angka-angka ini disusun secara horizontal, dan peserta uji harus melihat urutan angka dan melanjutkan urutan tersebut. Tes Pauli penting untuk menilai kemampuan konsentrasi, ketelitian, dan akurasi dalam menyelesaikan tugas.

    3. Tes Menggambar Objek

    Tes Menggambar Manusia mengharuskan peserta untuk menggambarkan bentuk dan karakteristik manusia. Gambar manusia harus mencerminkan jenis kelamin, usia, dan aktivitas manusia dalam gambar tersebut.

    Selain menggambar manusia, ada tes lain yang meminta peserta menggambar cabang, ranting, dan pohon beserta akarnya. Tujuan psikotes ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepercayaan diri, tanggung jawab, dan stabilitas emosi peserta, bukan untuk menilai kemampuan seni. Jadi, tidak perlu khawatir jika hasil gambar tidak sempurna.

    4. Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule) 

    Tes EPPS terdiri dari dua pilihan jawaban, yaitu A dan B.Psikotes ini akan mengajukan pertanyaan yang menggambarkan karakteristik kepribadian peserta. Tentu saja, setiap individu memiliki karakteristik unik, dan beberapa pertanyaan mungkin tidak sesuai dengan kepribadian seseorang. Peserta harus menjawab sesuai dengan karakteristik mereka, sebaiknya tidak meninggalkan pertanyaan tanpa jawaban.

    5. Tes Logika Penalaran

    Tes logika penalaran dalam psikotes kerja adalah alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan individu dalam berpikir secara logis dan mengatasi masalah dengan pendekatan rasional. Tujuan dari psikotes logika penalaran adalah untuk menilai apakah seorang calon memiliki kemampuan berpikir dan kemampuan pemecahan masalah yang kuat.

    6. Tes Analogi Verbal

    Tes Analogi verbal adalah suatu proses berpikir analogis yang memanfaatkan kata-kata sebagai alat untuk mengatasi suatu permasalahan. Dengan kata lain, tes analogi verbal adalah suatu metode evaluasi yang menguji kemampuan individu dalam berpikir dan menganalogikan kata-kata guna menyelesaikan masalah yang diberikan.

    Tes ini umumnya meminta peserta untuk mengidentifikasi sinonim, antonim, menghubungkan makna antara kata-kata, dan menentukan hubungan fungsional serta analogi berdasarkan contoh kata yang disajikan dalam soal. Tes analogi verbal ini adalah evaluasi terhadap kemampuan seseorang dalam berpikir secara analogis dengan menggunakan kata-kata sebagai instrumen utamanya.

    7. Tes Wartegg

    Tes Wartegg adalah salah satu bentuk tes psikologi yang umumnya digunakan untuk menilai kepribadian seseorang dalam seleksi karyawan untuk perusahaan. Inovasi ini pertama kali dirintis oleh Krueger dan Sander. Dalam pelaksanaan tes ini, peserta diminta untuk melengkapi serangkaian gambar yang diberikan dalam suatu kotak.

    Maksud dari penerapan tes Wartegg adalah untuk mengungkap aspek-aspek kepribadian seseorang melalui interpretasi gambar-gambar tersebut. Tes ini merujuk pada prinsip proyeksi, yang berarti individu merespon gambar-gambar tersebut berdasarkan pengalaman dan persepsinya yang telah terbentuk sejak masa lalu. Dengan kata lain, apa yang ditarik oleh peserta dalam tes ini mencerminkan pemahaman mereka terhadap dunia sekitar.

    Penting untuk dicatat bahwa dalam melakukan tes ini, integritas akademik harus dijaga, dan penggunaan kata-kata dan konsep harus dihasilkan secara orisinal tanpa mengandalkan materi yang sudah ada di internet.

    Situs Penyedia Tes Psikologi Online

    Bagi Anda yang tertarik mencoba tes psikotes secara online, ada beberapa situs yang bisa diakse untuk malakukan latihan atau sekedar mencoba tes tersebut. Anda dapat mencobanya di beberapa situs berikut:

    1. Propfos.com

    Di situs propfos.com, Anda dapat menemukan berbagai contoh soal tes psikotes yang bisa dijawab secara gratis. Platform ini juga memiliki lebih dari 40 pilihan bahasa dan beragam fitur menarik.

    Untuk memulai, cukup klik pada tab ‘Kuizzes,’ lalu pilih bahasa yang Anda inginkan, dan selanjutnya pilih ‘Latihan Tes Psikotes.’ Anda bisa langsung memulai menjawab pertanyaan-pertanyaannya.

    tes psikotes lewat proprofs

    2. Psikotesyuk.com

    Ada juga situs psikotesyuk.com yang menyediakan tes psikotes gratis. Namun, sebelum Anda bisa mulai mengerjakan tes, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Situs ini menawarkan berbagai jenis soal psikotes yang dapat Anda kerjakan.

    Tes ini mencakup tes ketelitian, tes bangun ruang, tes aritmatika dasar, dan tes verbal. Anda juga dapat melihat hasil dari tes yang telah Anda selesaikan. Kelebihan lainnya adalah situs ini memiliki beberapa modul contoh soal psikotes yang bisa diunduh.

    tes psikotes lewat https://www.psikotesyuk.com/

    3. Latihanpsikotes.com

    Situs latihanpsikotes.com lebih berfokus pada contoh soal psikotes yang sering digunakan oleh perusahaan. Selain menyediakan tes psikotes online, situs ini juga menawarkan opsi untuk mengunduh soal-soal psikotes secara gratis.

    Soal-soal ini juga disertai dengan pembahasan dan jawaban. Ini memungkinkan Anda berlatih mengerjakan soal-soal psikotes di mana saja dan kapan saja.

    contoh soal psikotes

    4. Tipscv.com

    Situs tipscv.com adalah tempat lain yang menyediakan tes kepribadian psikotes secara online. Salah satu kelebihannya adalah Anda dapat memilih contoh soal psikotes dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

    Selain itu, Anda juga bisa mengunduh soal-soal tes psikotes dan jawabannya beserta pembahasannya tanpa harus membuat akun terlebih dahulu. Ini memberikan kebebasan lebih dalam menjalani tes ini.

    5. Golife.id

    Di situs golife.id/psikotes/, Anda dapat menemukan simulasi tes kepribadian psikotes yang bisa diakses secara gratis. Contoh soal yang disediakan cocok untuk asesmen diri, tingkat intelegensi, kepribadian, dan penilaian kerja.

    Tes online ini didesain untuk membantu Anda menjelajahi karakter dan potensi diri Anda. Hasil dari tes akan muncul saat Anda menyelesaikan contoh soal yang diberikan.

    Semua situs ini merupakan sumber daya yang berguna untuk menguji diri Anda dalam berbagai aspek psikologi tanpa harus keluar uang.