10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Contoh Pertanyaan Interview Sosial Media Specialist

1. Bagaimana cara mengukur keberhasilan dari sebuah campaign sosial media?

Umumnya saya selalu mengukur keberhasilan sebuah campaign sosial media dari engagement dan leads. Kedua hal ini selalu menjadi tolak ukur keberhasilan campaign sosial media yang saya buat dengan angka sehingga kamu bisa membuktikannya dengan data bukan sekadar omongan.

Tips menjawab: Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan teknis yang berfungsi untuk mengukur seberapa jauh skill dan analisis yang Anda miliki di dunia sosial media. Untuk itu, penting bagi Anda sebagai sosial media specialist untuk bisa mengukur keberhasilan sebuah campaign yang dibuat.

Baca juga: Contoh Pertanyaan Interview Astra Honda Motor

2. Apakah Anda pernah menjalankan sebuah campaign sosial media sebelumnya?

Pada perusahaan sebelumnya, saya telah dipercaya untuk menjalankan beberapa campaign sosial media dengan bermacam goals yang berbeda beda. Tentunya saya menjalankan campaign tersebut dengan mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu seperti  mengatur goals, strategi, dan bagaimana mengukur hasilnya

Tips menjawab: Anda dapat menjelaskan jika kamu pernah menjalankan sebuah campaign sosial media dengan rasa percaya diri dengan menambahkan strategi yang pernah kamu jalankan dari mulai mengatur goals, strategi, dan bagaimana mengukur hasilnya. Keberhasilan campaign sosial mediamu juga tidak menjadi nilai yang paling berpengaruh Hal ini karena interviewer sebenarnya hanya ingin mengetahui profesionalitas kamu dalam mengerjakan sebuah proyek. Interviewer ingin melihat apakah kandidat memiliki kemauan untuk bekerja keras untuk mencapai sebuah tujuan. Selain itu, ia ingin mengetahui  kemampuan kandidat dalam menyelesaikan sebuah masalah.

3. Apa yang membuat konten dalam media sosial dikatakan berhasil?

Menurut saya, Konten sosial media yang baik tidaklah sekadar click-bait dengan jumlah engagement yang besar. Menurut saya konten sosial media yang baik harus memiliki informasi yang berisi dan sangat mudah untuk disebarkan serta info yang relevan bagi para followers.

Tips menjawab: Anda bisa menggambarkan jika konten yang berhasil tidak hanya diukur dari ramai atau tidaknya akun sebuah brand. Gambarkan pula jika isi konten yang kaya informasi dapat memberikan pengaruh. Apalagi jika followers berinisiatif untuk menyebarluaskan kembali konten yang sudah kita buat. Hal ini bisa menunjukkan keberhasilan karena para followers sudah memiliki kepercayaan kepada brand tersebut.

Baca juga: Contoh Pertanyaan Interview Indomaret

4. Tools apa saja yang kamu gunakan untuk mengelola setiap akun media sosial?

Saya terbiasa menggunakan tweetdeck, Hootsuite, Sprout Social atau tools apapun untuk mengelola berbagai akun. Selain itu, tools social media tersebut juga membantu saya untuk mempermudah agar tidak kewalahan jika mengelola beberapa akun atau brand.

Tips menjawab: Tunjukan jika kemampuan Anda akan tools tools yang disebutkan terlihat profesional namun jangan sampai Anda memiliki ketergantungan dengan tools tools tersebut. Jadikan tools tools tersebut sebagai alat bantu yang mempermudah pekerjaan Anda.

Bagikan Artikel: