10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

5 Pertanyaan Interview Staff Penagihan/Collection Staff

1. Seorang debitur telah melewatkan enam bulan pembayaran. Ketika Anda menelepon seseorang, mereka mengatakan bahwa sedang mengalami kesulitan keuangan dan bertindak secara emosional. Bagaimana Anda menangani hal seperti ini?

Sebagai seorang staff penagihan, saya memiliki kewajiban untuk mendapatkan atau menagihkan beberapa kredit yang diberikan perusahaan saya kepada debitur. Untuk itu, jika mengalami situasi seperti ini, saya akan mengedepankan SOP yang diterapkan dengan tetap menjaga ketegasan dan profesionalitas saya sebagai collection staff. Serta tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

Tips menjawab: Yakinkan rekruiter jika Anda memang memiliki profesionalitas yang tinggi dalam menjalani pekerjaan sebagai collection staff. Dengan begitu Anda akan menggambarkan diri Anda tidak mudah terpengaruh namun tetap tegas dan tidak menunjukan sikap yang arogan.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview account executive

2. Apakah hal yang paling Anda nikmati saat bekerja sebagai staff penagihan/collection staff?

Saya mencintai pekerjaan ini karena menjadi salah satu pekerjaan dengan time management yang cukup baik. Dimana saya dapat mengatur sendiri kapan saya harus bekerja asal pekerjaan yang saya lakukan sesuai dengan apa yang telah diarahkan sebelumnya.

Tips menjawab: Cara terbaik untuk menjawabnya adalah berdasarkan pengalaman pribadi Anda, bicarakan tentang aspek keuangan yang paling menstimulasi Anda, misalnya tentang tantangan sehari-hari dalam mengolah angka, lika-liku proses belajar yang sulit, imbalan finansial, dan lain-lain. Jelaskan secara spesifik dan sesuai dengan pribadi Anda—hal ini dapat menunjukkan hasrat dan keaslian Anda.

3. Menurut Anda, apa kualitas terpenting yang harus dimiliki agar dapat sukses sebagai staff penagihan/collection staff?

Menurut saya kualitas terpenting yang harus dimiliki oleh seorang staff penagihan/collection staff ketegasan dan integritas menjaga profesional. Karena dalam pekerjaan ini kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap profesi yang dijalankan sehari hari.

Tips menjawab: Cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan mengidentifikasi beberapa atribut dan bagikan pemikiran Anda dan kenapa Anda berpikir mereka penting. Anda dapat mengutip sebuah contoh dari manajer sebelumnya yang memiliki kualitas yang mirip, yang langkah-langkahnya Anda ikuti.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview finance analyst

4. Apa yang menjadi Aspirasi Anda dalam karir?

Saya menginginkan sebuah karir yang memiliki jangka panjang dan membuat diri saya dapat belajar banyak hal. Untuk itu, menjadi staff penagihan/collection staff bukan berarti menjadi tujuan akhir dari karir saya, namun saya rasa saya dapat belajar banyak hal dari profesi yang saya jalani saat ini.

Tips menjawab: Melalui pertanyaan ini si pewawancara ingin mengetahui apakah pekerjaan ini hanya sebuah batu loncatan untuk Anda atau apakah Anda mempertimbangkan sebuah karir jangka panjang dengan organisasi tersebut. Cara terbaik untuk menjawab: Pergilah untuk wawancara dengan ide yang jelas tentang tujuan kemajuan karir Anda. Hal ini dapat memberikan informasi kepada pewawancara bahwa Anda tidak hanya menginginkan pekerjaan tersebut untuk uang. Hasrat Anda akan pekerjaan tersebut merupakan aspek yang penting yang dapat mempengaruhi produktivitas dan loyalitas Anda terhadap perusahaan.

Bagikan Artikel: