10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

5 Pertanyaan Interview Financial Analyst/Analis Keuangan

1. Apa yang membuat Anda tertarik untuk menjadi Financial Analyst/Analis Keuangan?

Saya suka bekerja dengan angka untuk memahami implikasi keuangan dari pengambilan keputusan. Mengetahui implikasinya bisa membantu saya untuk membiming manajer bisnis menuju keputusan keuangan bisnis yang bertanggung jawab. Selain itu Saya ingin bekerja sebagai analis keuangan karena saya tipe orang yang detail dengan pemikiran yang mudah ingin tahu. Saya ingin menggunakan kepribadian detail saya untuk membantu orang lain.

Tips menjawab: Anda dapat menjawab pertanyaan interview berikut dengan mengaitkan jawaban yang Anda berikan dengan pengalaman yang Anda miliki sebagai seorang Financial Analyst/Analis Keuangan. Hal ini akan membuat Anda lebih terlihat profesional dan menjadi pekerjaan yang Anda jalani sebagai sebuah pekerjaan yang memang Anda sukai.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview account executive

2. Apa yang membuat Anda tertarik dengan perusahaan ini?

Selama beberapa bulan ini saya telah melakukan penelitian tentang beberapa perusahaan. Namun, perusahaan ini menawatkan berbagai peran terkait dengan analis keuangan. Sehingga saya bisa mengganti peran saya sebagai analis keuangan tanpa harus berganti perusahaan. Saya sangat tertarik untuk bisa bekerja dengan perusahaan ini

Tips menjawab: Dengan mengajukan pertanyaan seperti ini maka perusahaan ingin mengetahui apa alasan anda bekerja di perusahaan mereka. Hal menarik apa mengenai perusahaan mereka yang menarik bagi anda. Jika ditanya seperti ini, maka sebelumnya yang paling penting anda harus mengetahui sebanyak mungkin detail tentang apa yang anda tahu mengenai perusahaan tersebut. Sebisa mungkin sebelumnya anda mencaritahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan tersebut. Namun jangan menyinggung perusahaan yang lain.

3. Seperti apa Anda melihat diri Anda dalam lima tahun kedepan?

Sebenarnya kedepannya saya ingin menjadi CFO. Namun dibalik keinginan atau harapan saya menjadi CFO. Di tahun pertama saya bekerja saya ingin mengembangkan keahlian atau kemampuan yang saya punya, kemudian saya ingin memberi dampak. Barulah sampai di tahun kelima saya ingin memiliki perasaan yang baik dan menentukan karir saya sesuai dengan jalan yang ada.

Tips menjawab: Perusahaan menanyakan mengenai bagaimana harapan anda bila bekerja di perusahaan mereka. Apakah perusahaan nantinya dapat memenuhi harapan anda atau sebaliknya. Jadi sebaiknya jika anda ditanyai pertanyaan seperti ini maka sebisa mungkin untuk menjawabnya dengan logis ya, jangan sampai anda menjawab pertanyaan ini dengan tidak logis.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview purchasing

4. Jelaskan situasi ketika anda harus memenuhi tenggat waktu yang ketat?

Sebelum melamar pekerjaan di tempat ini, saya merupakan seorang freelancer. Pernah beberapa kali saya dihadapkan dengan deadline yang sangat ketat. Suatu kali saya pernah mendapatkan client yang tiba-tiba saja meminta deadline untuk dimajukan beberapa hari, karena saya harus profesional saya akhirnya mengerjakannya walau sedikit harus mengorbankan waktu istirahat saya. Namun saya senang karena pada akhirnya pekerjaan tersebut membuat client puas dan bahkan saya diberi reward lebih karena bisa menyelesaikan pekerjaan seperti yang ia inginkan

Tips menjawab: Dari pertanyaan ini, perusahaan ingin mengetahui bagaimana kinerja anda ketika dihadapkan dengan permintaan yang tinggi. Apakah anda akan mengerjakannya dengan positi? Atau mungkin anda akan mengorbankan ketenangan dan pikiran anda? Supaya anda bisa menjawab pertanyaan ini ketika ditanya, maka berikut adalah beberapa contoh jawaban yang bisa anda gunakan untuk menjawab pertanyaan ini. Untuk menjawabnya mungkin anda bisa menyertakan bagaimana pengalaman anda terkait dengan deadline yang ketat.

Bagikan Artikel: