10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

5 Pertanyaan Interview Purchasing

1. Dapatkah Anda jelaskan bagaimana cara kerja seorang purchasing

Dalam bekerja sebagai purchasing, berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan adalah dengan beberapa langkah seperti berikut. Untuk langkah pertama, seorang purchasing akan menerima purchase requisition atau permintaan pembelian barang departemen terkait. Jika nominal dirasa cukup besar, penting untuk seorang purchasing mendiskusikannya terlebih dahulu ke bagian finance terkait persoalan anggaran.

Selanjutnya jika anggaran disetujui oleh finance, saya akan mencari setidaknya 3 supplier. Dengan memilih supplier tersebut berdasarkan kualitas dan harga, selanjutnya saya hanya perlu membuatkan purchase order. Tidak lupa juga saya mencantumkan perbandingan harga dari supplier lainnya dan alasan kenapa saya memilih supplier tersebut.

Tips menjawab: Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan percaya diri berdasarkan pengalaman yang pernah Anda jalani. Namun tidak ada salahnya juga untuk Anda mempelajari lebih dalam cara  kerja terbaik seorang purchasing.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview marketing

2. Bagaimana cara anda mendapatkan supplier terbaik?

Tentu sebagai seorang purchasing saya wajib memiliki keahlian dalam mendapatkan supplier terbaik agar kualitas produk yang di order dapat dipertanggung jawabkan. Untuk dapat menemukan supplier terbaik, saya harus memastikan jika supplier tersebut memang tangan pertama dalam penjualan produk yang dibutuhkan dan saya tidak terhubung ke broker. 

Setelahnya saya akan menjelaskan persyaratan pembelian yang menjadi perusahaan agar tidak terjadi miskomunikasi saat kerjasama telah berjalan nantinya. Saya juga selalu meminta untuk calon supplier tersebut untuk memberikan sampel terlebih dahulu saat proses penawaran barang. Dan yang terpenting, saya harus memastikan jika supplier tersebut memiliki NPWP.

Tips menjawab: Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan pengalaman yang Anda miliki sebagai purchasing. Berikan jawaban yang mudah dimengerti oleh recruiter dan  jika terdapat beberapa hal yang bersifat teknis, sebisa mungkin untuk menjelaskan hal teknis tersebut kepada pewawancara dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview sales counter

3. Dapatkan Anda membedakan mana supplier yang baik dan mana supplier yang buruk?

Iya saya dapat membedakan keduanya, jika di perhatikan lebih dalam suplier yang bagus akan memiliki beberapa ciri tertentu seperti halnya pengiriman barang yang selalu tepat waktu, Jumlah barang selalu sesuai dengan pesanan, serta selalu menjaga kualitas barang yang diorder.

Sebaliknya, jika diperhatikan, supplier yang buruk juga memiliki beberapa ciri yang akan berlawanan dari ciri ciri supplier yang baik, Antara lain seperti  waktu pengiriman yang selalu tidak sesuai dengan jadwal, kualitas produk yang berubah ubah dan terlalu sering melanggar perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya.

Tips Menjawab: Berhati hatilah dalam menjawab pertanyaan ini, pasalnya pertanyaan ini kerap diberikan recruiter sebagai pertanyaan kunci kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki sebelumnya. Untuk itu, Anda dapat menjawabnya dengan jujur namun tetap berhati hati.

4. Langkah apa saja yang bisa Anda lakukan dalam menerapkan quality control?

Dalam menetapkan dan menerapkan quality control terdapat beberapa hal yang mesti saya perhatikan. Biasanya saya terlebih dahulu mencocokan barang yang diterima sesuai dengan apa yang telah di list dan sepakati sebelumnya. Setelahnya saya akan memeriksa kualitas dari semua produk tersebut dan menghitung dengan teliti kuantitas yang diterima dan dibandingkan dengan list market. Terakhir, saya perlu melihat kembali harga dengan kontrak dan penawarannya.

Tips Menjawab: Tunjukan rasa perhatian Anda terhadap kualitas produk yang dibeli dengan quality control yang Anda jalankan. Dengan begitu recruiter akan melihat jika Anda memang sangat memperhatikan kontrol kualitas barang yang diterima.

Bagikan Artikel: