10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

5 Pertanyaan Interview Sales Counter

1. Apa kesuksesan terbesarmu sebagai seorang sales?

Sebagai seorang sales saya pernah memainkan omset penjualan perusahaan dengan menjual beberapa produk dan jasa tertentu dengan kuantitas yang melebihi dari target yang diharapkan.

Tips menjawab: pertanyaan tersebut diberikan oleh pewawancara untuk mengukur sejauh mana kemampuan yang kamu miliki di bidang sales. Namun pastikan kamu.menjawab dengan sesuai pengalaman yang pernah kamu lakukan agar kejujuran kamu juga dinilai baik oleh recruiter.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview spg/spb

2. Bagaimana kamu meraih kesuksesan itu?

Saya dapat mencapai prestasi tersebut dengan melewati beberapa proses pembelajaran seorang salas. Dama sebagai seorang sales saya dituntut untuk memiliki skill komunikasi yang baik, dengan komunikasi yang baik tersebut saya dapat membangun hubungan yang baik dengan klien dan menjaga hubungan tersebut tetap berjalan dengan baik di waktu yang cukup lama.semua itu saya lakukan demi mendapatkan angka penjualan yang maksimal. 

Tips menjawab: Pertanyaan ini umumnya akan menjadi pertanyaan lanjutan yang akan ditanyakan setelah pertanyaan nomor satu.  Hindari memberikan jawaban bertele-tele seperti menjelaskan satu per satu cara yang kamu gunakan pada perusahaan sebelumnya. Kamu bisa memberikan jawaban singkat namun menjelaskan semua hal yang dapat meningkatkan penjualan tersebut.

3. Apakah kamu pernah gagal dalam menjalankan proses penjualan?

Sebagai seorang sales tentu proses penjualan juga tidak selalu berhasil. Dalam menjalankan profesi ini, saya pernah mengalami beberapa kehalalan dalam mencapai target penjualan, untuk dapat menghindari kegagalan serupa saya akan mempelajari penyebab penyebab kegagalan tersebut untuk dapat saya perbaiki dibilang berikutnya.

Tips menjawab: Untuk menjawab pertanyaan ini, tonjolkan solusimu dalam mengatasi masalah itu, bukan fokus pada kegagalannya.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview purchasing

4. Apa kekuatanmu sebagai seorang sales?

Pertanyaan interview sales yang satu ini  saya memiliki kekuatan di dunia sales karena saya memiliki rasa costumer oriented. Hal tersebut membuat saya selalu mengutamakan pelanggan dalam proses penjualan yang saya lakukan.

Tips menjawab: pertanyaan interview ini memang di peruntukan untuk mengetahui strategi dalam penjualan yang kamu gunakan, namun kamu dapat memfokuskan stragei dalam pertanyaan ini ke arah yang lebih internal seperti bagaimana cara kamu mengatur diri dalam menghadapi klien. Kamu bisa memberikan jawaban yang lugas, misalnya: saya senang bekerja dengan mengutamakan pelanggan, jadwal terorganisir, dan prospek yang jelas. Jawaban singkat itu akan menampilkan kesan yang baik soal kekuatanmu sebagai seorang individu, terlepas dari strategi penjualanmu. Kamu juga bisa menjawab bahwa kamu sudah terbiasa bekerja dalam tim besar untuk mencapai tujuan bersama.

Bagikan Artikel: