10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

5 Pertanyaan Interview Marketing

1. Apa yang menginspirasi kamu untuk berkarir di bidang marketing?

Ketertarikan saya berawal pada saat saya mendengar salah satu Podcast tentang “The Power of Digital Marketing and Data”. Sejak itu saya mulai memahami pentingnya digital marketing di dunia digital dan mulai mendalaminya. Skill seperti Paid Ads, SEO, Branding dan Sosial Media Marketing menjadi suatu hal yang sangat menarik dan challenging

Tips menjawab: Pertanyaan di atas adalah pertanyaan open-ended question yang tidak ada jawaban benar atau salah. Saat menanyakan hal ini, rekruter ingin mengetahui alasan mengapa seseorang tertarik atau mau kerja di bidang marketing/pemasaran. Tentunya tidak ada template khusus untuk menjawab pertanyaan ini dan jawaban setiap orang bisa berbeda tergantung pengalaman hidup dan kehidupan sehari-hari masing-masing orang. Anda bisa menceritakan kapan pertama kali kamu tertarik pada bidang pemasaran, pengalaman magang yang pernah dialami, suatu iklan yang tidak bisa Anda lupakan ataupun kelas yang pernah kamu ambil. Jabarkan hal di atas dan gabung dengan kemampuan yang dimiliki.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview finance analyst

2. Menurut kamu, apa tiga kemampuan terpenting yang harus dimiliki seorang marketer?

Menurut saya kemampuan terpenting yang harus dimiliki oleh seorang markerter di jaman sekarang adalah kemampuan content creating atau storytelling, selain itu diperlukan juga kemampuan analisis data dan mengambil keputusan berdasarkan data dan yang tak kalah penting juga kemampuan riset pasar dan mengetahui target audience.

Untuk skill yang dimiliki juga semakin beragam. Seorang marketer saat ini dapat menguasai Skill SEO atau search engine optimization, Skill up to date dan mengikuti tren yang sedang terjadi.

Tips menjawab: Pertanyaan di atas sering ditanyakan user saat interview marketing untuk mengetahui kemampuan apa yang paling dianggap penting oleh calon pekerja marketing. Pada saat yang sama, Anda juga bisa mengambil kesempatan ini untuk menyebutkan skill marketing yang paling dikuasai. 

3. Sosial media apa yang paling familiar untukmu? 

“Di Indonesia, Instagram menjadi salah satu platform terpenting bagi milenial berusia 20-30. Fitur yang ditawarkan Instagram sangat lengkap mulai dari post, story, reels, IGTV, live. Biasanya pada perusahaan saya sebelumnya, saya ahli dalam membuat story yang interaktif dan reels. Content marketing menjadi salah satu bagian penting untuk berinteraksi dan membangun brand awareness.”

Tips menjawab: Pertanyaan ini merupakan contoh pertanyaan interview digital marketing atau sosial media marketing. Rekruter pasti mengharapkan seorang digital marketer yang sudah familiar dengan platform sosial media tertentu. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan keterampilan tersebut.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview telemarketing

4. Bagaimana strategi kamu saat meluncurkan produk baru?

Umumnya saat sebuah peruusahaan meluncurkan sebuah produk baru, Saya akan melakukan beberapa langkah marketing seperti mengidentifikasi target audience dari produk tersebut, kemudian, menentukan channel yang paling tepat untuk berkomunikasi dengan konsumen serta Mengetahui “pain point” apa yang bisa diselesaikan dengan produk tersebut.

Selain itu, untuk memperdalam user journey dari konsumen saya akan mengetahui secara mendalam flow pembelian produk serta menentukan perencanaan strategis/strategic plan. Baru setelahnya saya membuat timeline peluncuran produk.

Tips menjawab: Contoh pertanyaan wawancara tentang strategi pemasaran selanjutnya adalah mengenai peluncuran produk baru. Saat mendapat pertanyaan seperti ini, Anda harus mengetahui apa yang ingin  diketahui oleh rekruter. Rekruter ingin mengetahui bagaimana ANda mengatur dan berkolaborasi dengan departemen lain. Biasanya, peluncuran produk akan melibatkan banyak departemen mulai dari produk, marketing, IT, customer service ataupun supply chain, tergantung dari ukuran perusahaan.

5. Seberapa familiar kamu dengan target audience perusahaan kami?

“Berdasarkan hasil riset saya, perusahaan Tempo menargetkan pasangan muda usia 20-30 yang bekerja di Jabodetabek. Setelah mendalami sosial media dan influencer marketing, saya percaya ini merupakan strategi yang sangat cocok untuk target audience perusahaan Anda.”

Tips menjawab: Untuk menjawab pertanyaan ini, tentunya Anda harus melakukan riset terlebih dahulu tentang industri perusahaan dan produk yang dijual. Target audience atau konsumen dapat dikelompokan berdasarkan usia, lokasi, pendapatan, jenis kelamin, status pernikahan dan interest. Tentunya informasi ini dapat diperoleh dari website perusahaan, sosial media maupun mencoba membeli produknya langsung jika memungkinkan. Bagi seorang marketer, mengetahui target audience sangatlah penting agar dapat menggunakan bahasa yang sesuai dengan kelompok orang yang ditarget. Contohnya, materi iklan untuk produk yang ditargetkan untuk anak-anak pasti berbeda dengan bapak-bapak usia 50 tahun.

7. Apa cara kamu agar tetap up-to-date dan mengetahui trend marketing terbaru?

Saya mengetahui bahwa target audience perusahaan Bapak/ Ibu adalah Laki-laki yang memiliki mobil, usia 30-50 tahun. Agar dapat mengetahui interest mereka, saya mengikuti komunitas bapak-bapak penggemar otomotif di sosial media. Selain itu, saya juga terus memperbaharui skill marketing saya dengan mengikuti sertifikasi online dari Google setahun dua kali.”

Tips menjawab: Kunci untuk tetap mengetahui perkembangan trend adalah tidak pernah berhenti untuk belajar. Dengan dunia yang serba digital, seluruh orang dipermudah untuk dapat mengakses online course ataupun seminar dari seluruh dunia. Kamu bisa mengikuti online course terbaik dari perusahaan marketing terbaik.

Bukan hanya dari sisi pengetahuan skill marketing, sebagai marketer juga harus mengetahui dan memantau tren di masyarakat. Contohnya mengetahui publik figur, drama, lagu, makanan, tren pakaian ataupun kegiatan apa yang sedang digemari oleh target audience nya. Dengan ini marketer akan dapat berkomunikasi dengan target audience lebih mudah.

8. Bagaimana kamu melihat dirimu dalam lima tahun kedepan?

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan pertama saya, saya akan belajar secara general dan menyerap ilmu sebanyak mungkin. Dalam waktu 5 tahun, saya berharap saya sudah bisa menjadi manager marketing atau berada pada level senior dan semakin mendalami satu atau lebih cabang marketing.”

Tips menjawab: Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh user saat interview di beberapa departemen, bukan hanya marketing. Dengan pertanyaan ini, user berharap dapat mengetahui ambisi karir seseorang. Hal ini menjadi penting, karena setiap hari user akan bekerja bersama kandidat tersebut, dan ingin melihat apakan ambisinya dan tujuan ia bekerja akan sesuai dengan yang dibutuhkannya.

Bagikan Artikel: