Customer Service

1. Jelaskan mengenai kemampuan fleksibilitas Anda dalam hal kerja.

Dalam bekerja, saya merupakan pribadi yang adaptif dan juga fleksibel. Adaptif dalam artian saya dapat berbaur dan dengan mudah memahami lingkungan kerja dan tugas-tugas yang diberikan. Saya juga merupakan pribadi yang fleksibel sehingga saya dapat menyesuaikan waktu kerja yang diberikan kepada saya, mengingat jam kerja CS yang dapat disebut tidak teratur.


Tips: Rekruter biasanya akan menanyakan hal ini mengingat jam kerja CS yang biasanya kurang teratur. Sehingga Anda perlu yakinkan rekruter bahwa Anda dapat bekerja dengan fleksibel.

2. Bagaimana Anda akan menyikapi jika pelanggan merasa tidak puas dengan layanan atau produk yang diberikan?

Dalam bekerja, tentu saya akan berusaha untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap pelanggan tanpa terkecuali. Namun, tentu kita tahu bahwa tidak semua pelanggan akan merasa puas dengan layanan yang telah diberikan. Jika itu terjadi, hal yang pertama yang akan saya lakukan adalah meminta maaf serta mencari jalan keluarnya. Dimulai dari menanyakan dengan rinci keluhan yang ingin disampaikan dan kemudian akan memperbaikinya. Sebagai contoh, jika terdapat pelanggan yang mendapatkan produk yang cacat, maka saya akan mencoba menawarkan produk yang baru sebagai gantinya dan mengirimkannya kembali kepada pelanggan tersebut.


Tips: Jelaskan bahwa Anda merupakan pribadi yang bertanggung jawab serta berikan solusi atas masalah tersebut.

3. Bagaimana sikap Anda jika berhadapan dengan pelanggan yang membuat Anda merasa jengkel?

Kita harus mengerti bahwa tidak semua pelanggan memiliki kepribadian yang sama. Tentunya, di beberapa situasi, pasti akan menemukan situasi dimana kita harus berhadapan dengan pelanggan yang membuat kita jengkel, entah karena nada bicaranya yang tinggi atau mungkin bertutur kata yang kurang baik. Namun, sebagai CS, tentu itu merupakan kewajiban saya untuk meredam emosi pelanggan serta memberikan layanan yang terbaik dan profesional. Sehingga, meskipun merasa jengkel, saya akan tetap bertutur kata yang sopan serta melayani pelanggan tersebut dengan baik.


Tips: Sampaikan bahwa Anda akan tetap memberikan pelayanan yang baik pada situasi apapun, termasuk saat berhadapan dengan pelanggan yang menjengkelkan.

4. Apa metode komunikasi yang biasa Anda gunakan atau sukai?

Dalam setiap metode komunikasi tentu memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Dengan pengalaman kerja saya sebelumnya, saya telah terbiasa melakukan berbagai metode komunikasi, mulai dari bertatap muka secara langsung, melalui sambungan telepon, hingga menggunakan fitur chat. Saya merasa lebih diuntungkan saat berkomunikasi melalui tatap muka secara langsung karena memudahkan saya dalam mendengarkan nada suara pelanggan, melihat ekspresi wajah, serta lebih leluasa dalam berkomunikasi. Namun, berkomunikasi melalui sambungan telepon dan juga fitur chat juga bukan merupakan masalah bagi saya karena tetap tidak mengurangi tingkat pelayanan yang diberikan.


Tips: Jelaskan bahwa Anda terbiasa dan tidak merasakan ada masalah dengan penggunaan metode komunikasi apapun. Berikan alasan mengenai metode komunikasi yang paling Anda sukai dengan tetap menegaskan bahwa Anda dapat menggunakan metode komunikasi apapun.