10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

5 Pertanyaan Interview Receptionist Hotel

1. Mengapa Anda tertarik bekerja di Receptionist Hotel?

Saya telah lulus dari pendidikan tinggi dengan gelar pariwisata dan, bahkan sejak saya masih di SMA, saya telah sangat tertarik untuk bekerja di hotel. Itulah mengapa saya langsung melamar pekerjaan ini ketika saya melihat lowongan kerjanya. Seperti yang bisa Anda lihat dari CV saya, saya memiliki pengalaman bekerja di pekerjaan yang berfokus pada pelanggan lainnya. Saya yakin bahwa saya memiliki kemampuan dan gairah untuk berkembang di pekerjaan ini.

Tips Menjawab: Pertanyaan ini adalah pertanyaan umum dalam wawancara kerja di hotel karena pewawancara akan ingin mengetahui alasan Anda melamar. Terlebih lagi, orang perhotelan akan mencari calon karyawan yang ingin bekerja di sana untuk waktu yang lama. Sebagian besar manajer menginginkan staff hotel yang ingin berkembang bersama dengan perusahaan.

Ada baiknya Anda sudah menyiapkan jawaban atas pertanyaan ini karena ini merupakan pertanyaan yang sangat sering muncul. Jika Anda terlihat sudah siap dan yakin dengan jawaban Anda, pewawancara juga akan melihat bahwa Anda serius dalam mendapatkan posisi kerja ini. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan singkat antara pewawancara dan pelamar mengenai alasan memilih posisi kerja di hotel.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview pegawai restoran

2. Bisakah Anda memberitahu saya mengenai peran dan tanggung jawab pekerjaan sebagai Receptionist Hotel?

Karena saya melamar untuk menjadi resepsionis hotel, saya rasa tanggung jawab pekerjaannya termasuk membantu tamu check in dan check out dari kamar mereka. Saya juga harus menjawab telepon dan membantu tamu serta calon tamu mengenai pertanyaan atau masalah yang mungkin mereka miliki. Karena ini adalah posisi paling depan, peran ini akan memiliki kontak pertama dengan para klien, itulah mengapa resepsionis hotel harus berada di kondisi prima setiap saat.

Tips menjawab: Pewawancara kerja pasti ingin mengetahui apakah Anda sudah membaca keterangan lowongan kerja secara seksama atau tidak. Karena seringkali pelamar hanya tertarik oleh gaji karyawan hotel tanpa melihat keterangan peran dan tanggung jawab yang akan dipegang dalam posisi yang dilamar. Sebelum wawancara, ada baiknya Anda membaca ulang terlebih dahulu laman lowongan kerjanya dan mencoba untuk mengingat apa yang diminta oleh perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa memberikan jawaban yang memuaskan dan menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat.

3. Apakah Anda memiliki pengalaman bekerja di hotel sebelumnya?

Saya sebenarnya belum pernah bekerja di hotel sebelumnya seumur hidup saya. Akan tetapi, saya pernah bekerja sebagai pelayan di restoran di Jakarta selama tiga tahun. Restoran tersebut termasuk kelas atas yang hampir selalu penuh dan para pelanggan harus memesan meja terlebih dahulu setidaknya seminggu sebelumnya. Itulah mengapa di pekerjaan tersebut saya diminta untuk memberikan layanan berkualitas setiap saat dan itu membuat saya terbiasa bekerja di posisi terdepan dan menghadapi pelanggan secara langsung. Tentu saja terdapat banyak pelanggan yang tidak puas yang harus saya hadapi juga, namun itulah mengapa saya berpengalaman dalam menjaga agar tetap profesional dan menjaga kesabaran sebisa mungkin.

Tips menjawab: Anda dapat menjawab pertanyaan berikut dengan beberapa pengalaman yang Anda miliki, Namun jika Anda belum memiliki pengalaman sama sekali di industri perhotelan, jangan khawatir. Karena banyak lowongan pekerjaan Receptionist Hotel yang dibuka untuk fresh graduate atau bagi beberapa pihak yang belum memiliki pengalaman.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview chef/kitchen

4. Apakah Anda pernah harus berhadapan dengan pelanggan yang tidak puas dan bisakah Anda menjelaskan pengalaman tersebut kepada saya?

Ketika saya masih bekerja di hotel sebelumnya sebagai resepsionis, ada saat ketika seorang tamu tidak senang karena AC di kamarnya rusak. Dia langsung menelpon saya dan berteriak ke saya melalui telepon, ia meminta untuk dipindahkan ke kamar yang lebih bagus. Waktu itu sudah larut malam ketika dia check in, maka saya berempati dengan bagaimana dia pasti sudah kelelahan jadi saya berusaha sebisa mungkin untuk tetap tenang. Setelah itu, saya langsung pergi berbicara ke manajer saya dan kami memindahkannya ke ruangan yang lebih baik tanpa biaya tambahan. Pada akhirnya, dia puas dengan tindakan kami yang cepat.

Tips menjawab: Jika Anda belum pernah bekerja di hotel sebelumnya, Anda bisa menjelaskan pengalaman lain ketika klien atau pelanggan yang Anda hadapi merasa tidak puas. Karena pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan wawancara hotel yang paling umum, usahakan untuk menyiapkan jawabannya terlebih dahulu.

5. Apakah Anda kebetulan mengetahui apa itu pramutamu dan bisakah Anda jelaskan kepada saya mengenai tanggung jawab mereka?

Tentu saja. Pramutamu adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membantu tamu merencanakan perjalanan dan tur ke sekeliling hotel. Mereka juga harus bisa memberikan rekomendasi ke tempat terbaik untuk didatangi oleh para tamu.

Tips menjawab: pewawancara biasanya ingin mengetahui seberapa banyak pengetahuan Anda mengenai hotel dan cara kerja di hotel. Cari tahu beberapa posisi yang ada di hotel, nama peran mereka, dan tanggung jawab apa yang mereka pegang dalam hotel untuk mempersiapkan diri Anda jika ditanya mengenai peran lain di hotel

Bagikan Artikel: