10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

5 Pertanyaan Interview Business Executive

1. Apa saja cara Anda untuk tetap mengikuti tren dalam bisnis?

Dalam mengikuti sebuah tren dalam bisnis, umumnya saya selalu mengikuti segala perkembangan yang terjadi baik dalam bisnis tersebut maupun hal hal pendukung lainnya melalui sosial media. Dengan sosial media, Kita sebagai bisnis executive akan memahami apa yang menjadi kebutuhan pengguna produk perusahaan tersebut serta apa yang dapat kita optimalkan dari setiap trend bisnis yang terus berkembang.

Tips Interview: Pertanyaan interview business executive pertama yang kerap kali ditanyakan oleh rekruter yaitu mengenai tren dalam dunia bisnis. Hal ini karena perkembangan dunia bisnis saat ini kian pesat, oleh karena itu sebagai seorang yang akan bekerja dalam posisi business executive dituntut untuk selalu memantau perkembangan pasar yang potensial agar bisa menciptakan strategi yang inovatif. Nah, melalui pertanyaan interview business executive ini, seorang perekrut akan melihat sejauh mana kemampuan Anda dalam menjaga bisnis supaya menjadi lebih maju dalam inovasi untuk menjangkau pasar.

Baca juga: Contoh pertanyaan interview account executive

2. Apa perbedaan business Executive dengan sales?

Menurut saya bisnis executive merupakan pekerjaan yang membutuhkan proses jangka panjang yang dapat meningkatkan nilai perusahaan terhadap konsumen melalui relasi bisnis yang dibangung, pasar yang selalu di perhatikan serta melalui hubungan dengan konsumen itu sendiri. Sementara sales juga tak kalah penting untuk sebuah perusahaan, namun sales akan lebih berfokus pada penjualan dari produk produk perusahaan.

Tips menjawab: Perbedaan antara business executive dengan sales juga merupakan salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh rekruter saat Anda berada dalam interview pada posisi ini. Seorang rekruter ingin mengetahui sejauh mana pemahamanmu dan pengalaman kerjamu dalam bidang bisnis sehingga pertanyaan interview business executive ini penting untuk dijawab dengan sebaik mungkin.

3. Jelaskan proses yang Anda gunakan untuk mendapatkan bisnis dari awal hingga akhir!

Pertanyaan interview business executive yang satu ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana cara kerja yang Anda terapkan berdasarkan pengalaman yang dimiliki. Sebagai seorang yang bekerja sebagai business development, wajib memiliki kemampuan dalam memikirkan strategi bisnis dalam jangka panjang yang diiringi oleh perkembangan penjualan.

Anda dapat menceritakan semua pengalamanmu dalam berkolaborasi dengan berbagai stakeholder di perusahaan sebelumnya (jika masih fresh graduate, Anda bisa menceritakan pengalaman saat menjalani internship maupun dalam organisasi kampus). Kemudian, berikan juga contoh dari pengalaman yang pernah Anda jalani mengenai inisiatif dan cara Anda dalam menyusun strategi dalam suatu bisnis yang sukses diterapkan.

4. Bagaimana Anda menggunakan data terhadap perkembangan bisnis?

Data merupakan element penting dari profesi bisnis executive untuk dapat mengetahui siapa dan apa yang menjadi target pasar perusahaan kita kedepannya, Untuk itu saya selalu menggunakan data sebagai acuan dalam mengambil langkah langkah inisiatif dan tidak hanya dengan mengandalkan insting semata

Tips menjawab: pertanyaan interview business Executive jenis ini biasanya akan dilontarkan rekruter kepada seorang kandidat pelamar yang sudah memiliki pengalaman di bidang business development sebelumnya. Tentunya seorang business executive yang baik dapat memiliki kemampuan dalam keterampilan analitis yang tajam, agar bisa memungkinkan mereka dalam membuat keputusan penting dan merencanakan strategi berdasarkan data dan perkiraan yang ada.

5. Apa yang akan Anda lakukan jika pelanggan merasa tertarik pada produk atau fitur yang tidak dapat Anda tawarkan?

Menjual produk dan layanan menjadi salah satu hal yang penting dilakukan. Namun, menemukan solusi kreatif untuk mendapatkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan juga penting. Untuk itu jika terdapat beberapa pihak yang merasa tertarik dari produk yang saya tawarkan, saya akan melakukan tindakan lanjutan dengan beberapa langkah agar calon pelanggan tersebut benar benar melakukan keputusan pembelian.

Tips menjawab: Pertanyaan ini memungkinkan kandidat pelamar untuk menceritakan bagaimana cara mereka dalam mempelajari maupun mengevaluasi apa yang memang dicari oleh pelanggan terhadap produk atau layanan tersebut.

Bagikan Artikel: