Staff Admin

  1. Apa yang membuat Anda yakin bisa menjadi staf administrasi yang baik?

Melalui pengalaman saya menjadi staf administrasi, saya banyak belajar mengenai pembuatan rekap data perusahaan, bertanggung jawab dalam urusan surat-menyurat, serta menjawab dan melakukan panggilan telepon. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan mengorganisasi hal dengan baik, memiliki kemampuan berkomunikasi, serta dapat melakukan multitasking.


Tips: Jelaskan mengenai kemampuan hard-skill maupun soft-skill yang relevan dengan pekerjaan staf administrasi. Jika telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, Anda juga dapat menceritakannya di bagian ini.

2. Apakah Anda mampu bekerja di bawah tekanan?

Dengan tanggung jawab besar sebagai staf administrasi, tentu ada kalanya saya merasa cukup lelah ditambah dengan tekanan yang ada. Namun, dengan kemampuan saya mengelola stres, mengorganisasi hal-hal dengan baik, serta pengalaman kerja sebelumnya, saya percaya saya dapat bekerja di bawah tekanan dengan baik.


Tips: Beri jawaban yang realistis dengan tetap menyediakan solusi.

3. Menurut Anda, seberapa pentingkah peran staf administrasi dalam suatu perusahaan?

Menurut pandangan saya, staf administrasi harus bisa mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi, termasuk menyiasati situasi tak terduga. Staf administrasi juga harus mengatur jadwal diri sendiri serta para petinggi perusahaan dengan baik dan teliti serta bertanggung jawab atas proses surat-menyurat. Sehingga, mengingat tanggung jawab besar yang dipegang oleh staf administrasi tersebut, tentu bagi saya staf administrasi berperan penting dalam suatu perusahaan.


Tips: Jelaskan tanggung jawab yang dipegang oleh staf administrasi dan jelaskan pandangan Anda mengenai pentingnya posisi staf administrasi di suatu perusahaan.

4. Apa yang akan Anda lakukan jika terlibat konflik dengan klien?

Tentunya saya sangat paham bahwa posisi ini membuat saya akan banyak berinteraksi dengan orang lain dengan latar belakang dan sifat yang berbeda-beda. Tidak hanya secara internal, namun juga klien-klien dari luar kantor. Sehingga, tentu saja konflik dapat terjadi. Untuk mengatasi konflik yang terjadi, pertama-tama saya akan menganalisa mengapa permasalahan itu terjadi. Dengan kemampuan berpikir kritis, saya akan mencari jalan keluar serta mengatasi konflik yang ada dengan baik.


Tips: Jika pernah terlibat konflik di pekerjaan sebelumnya, Anda dapat menceritakannya pada bagian ini serta menjelaskan mengenai cara Anda mengatasinya.