Unduh Gratis Template CV Kreatif

Daftar & informasi riwayat hidup dengan desain berwarna yang diseleksi secara manual

Daftar Template CV Kreatif

Apa itu CV kreatif?

CV kreatif adalah cv yang dibuat guna dapat menarik perhatian lebih dari recruiter dengan format yang menarik mata pembaca atau recruiter dan keunikan di dalamnya. Sesuai dengan namanya, CV kreatif juga umumnya digunakan pada lingkungan kerja kreatif. Umumnya pekerja kreatif yang menggunakan CV kreatif adalah desain grafis, content writer, illustrator, animator, social media, copywriter, dan bidang lainnya

Selain karena berkaitan dengan bidang kerjanya, Dengan CV kreatif tersebut pula recruiter dapat melihat seberapa besar kreativitas para kandidat yang mengikuti proses seleksi tersebut. Yang nantinya akan meningkatkan peluang untuk membuat kandidat tersebut lolos ke tahap selanjutnya.

Kapan Anda Harus Menggunakan CV Kreatif?

Tidak semua bidang pekerjaan dapat menggunakan CV Kreatif dalam melamar pekerjaan tersebut. Untuk itu, sebelum Anda menggunakan CV kreatif dalam melamar sebuah pekerjaan, Ada baiknya Anda terlebih dahulu memperhatikan bidang usaha yang dijalankan oleh perusahaan tersebut segala persyaratan lainnya yang harus dipenuhi. Ini lah yang menjadi perbedaan kemampuan Antara CV ATS dan CV Kreatif.

Pasalnya menurut beberapa sumber, tidak semua perusahaan dan bidang kerja menganggap CV kreatif menjadi sebuah nilai lebih dari seorang pelamar. Sebaliknya, beberapa perusahaan besar justru lebih menganjurkan calon kandidatnya untuk menggunakan CV standar yang tidak memiliki desain yang rumit.

Format Penulisan yang Wajib Dicantumkan dalam CV Kreatif

Dalam membuat CV yang kreatif, diperlukan beberapa hal yang wajib Anda  pertimbangkan untuk dimasukan ke dalam CV tersebut sebagai format CV kreatif yang baik dan benar. Apa saja yang harus ada dalam CV kreatif tersebut?

1. Kontak yang dapat dihubungi
Kontak menjadi format penulisan CV Kreatif paling penting yang wajib Anda perhatikan. Pasalnya, Jangan sampai CV kreatif yang telah Anda buat menjadi sia-sia akibat kontak yang tidak sesuai dan tidak dapat dihubungi. Hal ini akan membuat recruiter akan kesulitan menghubungi Anda dan memiliki calon kandidat lainnya.

Anda dapat mencantumkan beberapa hal terkait dengan kontak tersebut seperti nama lengkap, email, nomor telepon yang aktif, profil LinkedIn. Kamu juga bisa menambahkan link portofolio atau media sosial jika kamu aktif.

2. Deskripsi Diri

Gambarkan mengenai diri Anda secara singkat, padat dan jelas agar memberikan sedikit gambaran diri Anda kepada recruiter.

3. Pengalaman kerja

Di pengalaman kerja sendiri,anda dapat mencantumkan beberapa pengalaman kerja yang pernah Anda jalani dan relevan dengan lowongan pekerjaan yang dilamar. Anda dapat mengurutkannya dari pengalaman yang paling terbaru.

Umumnya pengalaman yang terdapat dalam CV kreatif menjadi salah satu hal yang paling berpengaruh dengan keputusan lolos atau tidaknya seorang kandidat. Untuk itu anda dapat menjelaskannya dengan detail namun tetap padat meliputi nama posisi, nama perusahaan, tahun kerja, maksimal 5 poin dari job description dan pencapaian, metrics yang bisa menjadi tolak ukur pencapaian kamu.

4. Pendidikan

Pada bagian pendidikan sendiri Anda wajib memperhatikan beberapa hal seperti tahun lulus, gelar dan institusi pendidikan. Untuk IPK yang berhasil Anda raih pun tidak menjadi kewajiban untuk dicantumkan dalam CV kreatif yang Anda buat.

5. Skill

Anda dapat membagi skill tersebut kedalam dua bagian. Soft skill untuk beberapa skill yang menggambarkan kepribadian Anda dan Hard skill untuk beberapa kemampuan yang Anda miliki dalam bidang kerja tersebut. Untuk mendukung kebenaran skill yang Anda miliki Anda dapat menyertakan beberapa bukti yang dapat memperkuat.

Tips membuat CV Kreatif yang Menarik Bagi Recruiter

1. Gunakan CV kreatif yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar

CV kreatif hanya Anda gunakan pada beberapa bidang kerja tertentu.Untuk itu, Bagi Anda  yang ingin bekerja di bidang kreatif, tentunya CV semacam ini akan dibutuhkan. Sebaliknya, jika Anda melamar pekerjaan di posisi tertentu yang tidak berkaitan langsung dengan industri kreatif seperti admin atau customer service, belum tentu CV kreatif akan menarik bagi rekruter.

2. Pilih Font Yang Membuat CV Kreatif Terlihat Menarik

Dalam pemilihan font yang Anda gunakan dalam pembuatan CV kreatif juga akan mempengaruhi ketertarikan recruiter dengan CV yang Anda buat. Pilih font yang enak dilihat dan cocok dengan karakter CV kreatif yang dibuat. Intinya pastikan font yang digunakan dapat membuat CV kreatif Anda dapat dibaca dan dilihat dengan mudah.

3. Susun Isi CV Terlebih Dahulu

CV kreatif tidak dapat menjadi jaminan untuk kamu lolos ke tahap selanjutnya. Namun dengan memperhatikan konten yang terdapat dalam CV akan sangat berpengaruh bagi nilai tambah CV yang Anda buat.Sebaiknya, Anda dapat mengumpulkan terlebih dahulu beberapa elemen seperti pengalaman, penghargaan, personal statement dan lainnya agar CV anda dapat terlihat menarik tidak hanya dari segi tampilan melainkan dari isi di dalamnya.

4. Gunakan Warna Yang Membuat Mata Nyaman

Warna memang menjadi elemen yang terpenting dalam pembuatan CV kreatif. Hal ini dapat terjadi karena secara tidak langsung, warna dapat memberikan gambaran tentang kepribadian yang Anda miliki

Warna juga dapat menimbulkan emosional tertentu secara personal. Jadi, pilihlah pemilihan warna yang tepat akan membuat CV Kreatif yang Anda buat dapat semakin menarik Pelajari juga lebih dalam terkait psikologi warna tersebut agar Anda dapat lebih yakin.

5. Highlight Point Menarik Pada Bagian Atas CV

Bagian atas CV merupakan bagian pertama yang paling mungkin dibaca oleh rekruter. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Buatlah kalimat yang menarik dan letakkan susun pada bagian atas format CV.