Kasir

  1. Mengapa Anda memilih kasir sebagai karir Anda?

Saya memilih kasir sebagai pilihan karir saya karena saya merasa hal itu cocok dengan kemampuan dan juga latar belakang saya. Saya merupakan pribadi yang terorganisir serta dapat bekerja dengan cekatan. Jika dibutuhkan, saya juga mampu untuk mengambil keputusan dengan cepat jika berhadapan dengan pelanggan. Selain itu, sebelumnya saya juga telah memiliki pengalaman bekerja sebagai kasir sehingga hal itu tentunya dapat menunjang kinerja saya kedepannya.


Tips: Jelaskan mengenai kemampuan hard-skill maupun soft-skill yang relevan dengan pekerjaan kasir. Jika telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, Anda juga dapat menceritakannya di bagian ini.

2. Pekerjaan ini melibatkan tugas yang berulang atau repetitif. Bagaimana kamu memastikan diri Anda tetap termotivasi?

Dengan pengalaman saya sebelumnya, saya paham bahwa pekerjaan kasir memiliki tugas yang repetitif. Namun, tentu hal tersebut tidak menjadikan saya merasa bosan hingga tidak termotivasi. Saya memiliki kemauan serta semangat kerja yang tinggi. Sehingga, dalam mengerjakan pekerjaan apapun, saya akan selalu termotivasi dan berusaha untuk belajar agar dapat lebih baik lagi kedepannya.


Tips: Beri jawaban yang realistis namun tetap meyakinkan HRD bahwa Anda merupakan pribadi pekerja keras.

3. Apa yang akan Anda lakukan jika seorang pelanggan memiliki pertanyaan yang Anda tidak ketahui jawabannya?

Sebelum mulai bekerja, tentu saya akan belajar dengan giat mengenai apa saja hal-hal yang perlu saya ketahui. Namun, jika terjadi hal seperti ini, hal pertama yang akan saya lakukan adalah meminta maaf kepada pelanggan dan meminta waktu untuk menanyakan hal tersebut kepada rekan senior ataupun atasan saya. Lalu, saya akan mencari tahu jawaban dari pertanyaannya dan dengan segera menginformasikannya kepada pelanggan tersebut. Saya juga akan mengevaluasi diri dan belajar lebih banyak lagi sehingga hal tersebut tidak terjadi kembali.


Tips: Jelaskan mengenai upaya apa yang akan Anda lakukan dan yakinkan bahwa hal semacam itu akan diminimalisir untuk terjadi.

4. Bagaimana Anda mendefinisikan layanan pelanggan yang baik sebagai kasir?

Menurut saya, komponen yang penting dalam memberikan layanan pelanggan yang baik adalah dengan bersikap ramah dan membantu pelanggan yang membutuhkan. Dimulai dari menyapa pelanggan dengan baik serta memberikan informasi lengkap mengenai produk yang diinginkan. Selain itu, perlu bersikap jujur dengan memberi informasi mengenai promo yang ada serta stok barang yang tersedia.


Tips: Jelaskan mengenai aspek-aspek penting serta upaya yang akan dilakukan demi memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.